Akhir Bulan Ini, AP II akan Uji Coba Skytrain Bandara Soekarno-Hatta

PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) berencana untuk melakukan uji coba kereta tanpa awak atau Automated People Mover System (APMS) Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya, uji coba kereta yang biasa disebut Skytrain akan dilakukan pada akhir Juni ini. Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, uji coba yang dilakukan yakni, lintasan kereta, gerbong kereta dan uji coba mengoperasikan secara langsung. Menurut dia, uji coba ini akan berlangsung selama satu bulan.

 

Sumber: JAKARTA, KOMPAS.com

PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) berencana untuk melakukan uji coba kereta tanpa awak atau Automated People Mover System (APMS) Bandara Soekarno-Hatta.

Rencananya, uji coba kereta yang biasa disebut Skytrain akan dilakukan pada akhir Juni ini.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, uji coba yang dilakukan yakni, lintasan kereta, gerbong kereta dan uji coba mengoperasikan secara langsung. Menurut dia, uji coba ini akan berlangsung selama satu bulan.

"Akhir Juni atau paling lambat awal Juli kami akan uji coba. Selain itu, uji coba rolling stock kereta ada tes beban, juga uji coba Standar Operasional Prosedur (SOP)," ujar Awaluddin saat ditemui di The Plaza, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Dia menuturkan, pengoperasian perdana Skytrain ditargetkan pada akhir Juli. Dalam operasi perdana ini, Skytrain hanya mengantarkan penumpang dari Terminal 2 ke Terminal 3.

Sementara itu, pengoperasian Skytrain secara menyeluruh direncakan pada Oktoboer 2017. Nantinya secara penuh Skytrain memiliki tiga rangkaian kereta (train set) yang masing-masing memiliki dua gerbong.

"Sesuai kontraknya Oktober, tetapi trainset sudah bertambah. Juli akan datang, dan Agustus akan datan lagi," pungkas dia.

Sebelumnya, satu train set yang terdiri dari dua gerbong skytrain telah terpasang di atas rel area Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pada Mei lalu.

Kapasitas total satu train set itu dapat menampung 176 orang untuk perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 2 ke Terminal 3 maupun sebaliknya.

.

Leave your comments

Post comment as a guest

0

Comments (1226)

Load Previous Comments